Menu

Jasa Pemetaan

Jasa Pengukuran Tanah/Topografi


IMG_4229





Pengukuran.com – Anda memerlukan jasa pengukuran topografi? Jika anda  sedang membaca halaman ini, saya ucapkan selamat karena sudah masuk di tempat yang tepat.
Pengukuran Topografi, atau banyak di literatur yang juga menyebutnya Pengukuran Detail dan Situasi adalah kegiatan ukur tanah atau lahan dibawah sub bidang Survei Terestris dimana pengukuran ini bertujuan untuk mendapatkan data existing yang ada di lapangan untuk dijadikan sebagai data penunjang yang mana akan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Semisal untuk perhitungan volume cut and fill atau galian timbunan yang dari sini data ukur tanah / lahan tersebut sangat berperan sekali terutama terkait dengan rencana anggaran.


Definisi Topografi 

Topografi diartikan sebagai bentuk/rupa dari permukaan bumi termasuk semua bangunan yang dibangun oleh manusia diatas permukaan bumi ini. Pekerjaan- pekerjaan teknik (engineering) sangat memerlukan peta topografi sebagai dasar untuk menentukan pilihan perencanaan sampai dengan pilihan lokasi yang terbaik. Peta topografi diperlukan seawal mungkin sebelum pekerjaan perencanaan dimulai.

Survei topografi adalah suatu metode untuk menentukan posisi tanda-tanda buatan manusia maupun alamiah diatas permukaan tanah. Survei topografi juga digunakan untuk menentukan konfigurasi medan . Kegunaan survei topografi adalah untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk gambar peta topografi. Gambar peta dari gabungan data akan membentuk suatu peta topografi. Sebuah topografi memperlihatkan karakter vegetasi dengan memakai tanda-tanda yang sama seperti halnya jarak horizontal diantara beberapa  dan elevasinya masing-masing diatas datum tertentu.
Tujuan dari pekerjaan pemetaan topografi ini adalah untuk mendapatkan informasi yang detail mengenai bentuk permukaan tanah secara umum yang dilengkapi dengan tampakan-tampakan khas, baik berupa unsur-unsur alami maupun unsur-unsur buatan dan dapat dipertanggungjawabkan, dengan tujuan memberikan informasi topografi suatu wilayah.

Manfaat dan Kegunaan Pengukuran Topografi

Adapun kegunaan dan manfaat dari pengukuran topografi sangat banyak sekali terutama kaitannya untuk progress pekerjaan, mulai dari tahap perencanaan sampai pada tahap finishing pekerjaan. Diantara sekian banyak manfaat dari pekerjaan pengukuran topografi adalah sebagai sebagai berikut :

  • Penentuan Luas Tanah atau Lahan
Untuk penentuan luas tanah atau lahan dengan baik dan benar memang diperlukan pengukuran secara langsung dan detail.
Teknik pengambilan detail dari objek di lapangan juga perlu diperhatikan secara seksama agar hasil yang dikeluarkan pun akan sesuai dengan kondisi real yang ada.
Pengukura.com memberikan garansi bahwa hasil pengukuran yang kami kerjakan adalah dapat dipertanggung jawabkan dengan menggunakan peralatan terkini serta sumber daya manusia yang unggul dalam melaksanakan pekerjaan pengukuran ini


  • Penentuan Volume Kubikasi Cut and Fill
Dalam pelaksanaan pekerjaan, suatu rencana tidak dapat dianggap remeh. Tanpa adanya perencanaan yang matang tentu akan menghambat pelaksanaan pekerjaan nantinya. Salah satu contoh yang dibutuhkan perencanaan yang matang adalah ketika penentuan volume galian timbunan atau biasa disebut cut and fill.
Dengan adanya data existing dari hasil pengukuran topografi tentu akan sangat membantu pihak perencana dalam menghitung berapa volume yang diperlukan dalam suatu pekerjaan.
Ketelitian dari pengukuran ini juga bergantung kepada objek data yang diambil ketika di lapangan. Dengan pengambilan data secara detail dan menyeluruh tentu akan sangat membantu pihak perencana ketika akan membuat suatu penentuan volume cut and fill tersebut.

  • Pengukuran untuk Perencanaan Jalan, Saluran Irigasi, dan Konstruksi Bangunan Lainnya
Seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya bahwa tingkat keberhasilan suatu pekerjaan tidak dapat dilepaskan dari suatu perencanaan yang matang. Terlebih pada pekerjaan yang bersinggungan dengan konstruksi fisik suatu bangunan.
Pada pekerjaan konstruksi jalan misalnya, sebagai perencana atau pelaksana tentu memerlukan data existing dari kondisi tanah yang ada. Data hasil dari pengukuran topografi sudah barang tentu akan sangat membantu sekali terutama ketika pelaksanaan pekerjaan pertama kali, semisal untuk perencanaan geometri jalan, penentuan rencana, dan lain sebagainya.
Ketika tahap pelaksanaan pun hasil dari pengukuran dapat memberikan informasi mengenai apakah pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan rencana awal atau belum. Dengan pemantauan secara berkala dan pemanfaatan dari hasil pengukuran topografi hal tersebut tidak akan menjadi masalah pada kemudian hari.
Pada pekerjaan yang berhubungan dengan air juga tidak kalah pentingnya, penentuan jalur saluran irigasi misalnya akan sangat membutuhkan pengukuran topografi. Hasil dari profile atau sections pada pengukuran topografi akan sangat membantu pihak pelaksana untuk dapat membuat keputusan selanjutnya terkait dengan pekerjaan tersebut. Terkadang pengukuran pada pekerjaan seperti ini memang terlihat sederhana akan tetapi hasil dari pekerjaan pengukuran topografi tersebut dapat menjadi acuan baik pada saat perencanaan atau pelaksanaan suatu pekerjaan.


  • Pengukuran Topografi untuk Proyek Perumahan
Pekerjaan pada pembuatan perumahan juga sangat erat kaitannya dengan pengukuran topografi. Design awal dan site plan perumahan tentu akan sangat terbantu ketika kita mempunyai data dari hasil pengukuran topografi dan hal ini secara tidak langsung juga akan membantu pihak perencana dan atau pelaksana untuk langkah selanjutnya.
Tidak jarang ditemui berbagai problem terutama terkait dengan site plan yang tidak ada data existing dari pengukuran topografi sebelumnya.
Kita dapat ambil contoh ketika seorang perencana membuat site plan hanya berdasarkan data sertifikat tanah atau hanya mengandalkan pandangan mata tentu ketika diaplikasikan secara real akan sangat berdampak besar jika terdapat kesalahan.
Pengukuran dengan pengambilan data secara detail dan menyeluruh akan membantu interpretasi dari perencana atau pihak developer untuk pembuatan site plan ini.


  • Dan lain sebagainya. Dan masih banyak lagi.
Pengukuran dan Pemetaan pada dasarnya adalah ruh awal dari suatu pekerjaan entah itu pekerjaan fisik yang sederhana atau pekerjaan yang kompleks sekalipun.
Karena pengukuran topografi merupakan salah satu langkah awal untuk memulai suatu pekerjaan dan juga dapat digunakan sebagai penentu baik atau tidaknya suatu pekerjaan nantinya. Pun juga sebagai penentu keputusan dalam pelaksanaan pekerjaan.
Tidak hanya yang kami sebutkan diatas tentu saja, masih ada sangat banyak sekali manfaat dan kegunaan dari pengukuran topografi ini.
HUBUNGI KAMI 081294590162 - 0817773162